Senin, 12 Mei 2008

Tahukah Anda??

anda tidak perlu menjadi hanya seorang ekonom untuk paham manajemen, karena manajemen adalah multidisiplin ilmu, dan yang berpengaruh dari sekian banyak ilmu tersebut adalah psikologi. entah anda setuju ataupun tidak, semua hal menyangkut manajemen adalah bagaimana kita mengetahui dasar psikologi seseorang, baik itu konsumen (pelanggan/individu) maupun industri (kelompok).

Dalam ilmu keprilakuan, ada beberapa teori dasar yang wajib untuk dipahami, misalnya Theory of Reasoned Action (Ajzen & Fishbien), Theory of Planned Behaviour (Ajzen & Fishbien), maupun Technology Acceptance Model (Davis).
sadar ataupun tidak, manajemen adalah ilmu mengenai perilaku, baik itu perilaku konsumen maupun perilaku seorang investor. sama-sama bisa diprediksi oleh TRA, TPB ataupun TAM. namun masih banyak teori lainnya yang memback-up manajemen. teori sosial, teori psikologi, teori ekonomi dll.

5 komentar:

people firster mengatakan...

hemmm met jangan terlalu serius met.
manajemen adalah:
mangatur kehidupan pribadi.
mengatur hubungan dengan tuhan.
mengatur sosialisasi dengan masyarakat.
serta memiilih mau masuk surga tingkat berapa..?
itulah manajemen.
he he he

Alfitman mengatakan...

anda keliru...belajar dulu beda antara teori behaviorisme dengan teori gestaal

wassalam

alfitman

Rachmat mengatakan...

u/ people fister ... aku tidak pernah memilih surga .. karna yang aku tuju adalah pemiliknya.

u/ alfitman....
silahkan berdebat antara behaviorisme dan gestaal ... itu bukan esensi pentingnya .. yah esensi pentingnya sudah dikomentari oleh people fister... jadi ... jangan2 anda yang keliru memahami tulisan saya ini... (saya yakin mengenai teori behaviorism dan gestaal anda sudah KHATAM)

Anonim mengatakan...

lalu kenapa ada fakultas psikologi dan dan jurusan manajemen di fakultas ekonomi pak? kenapa nggak disatukan aja? kan terjadi redundansi.

Rachmat mengatakan...

u/anonim ... main goal dari manajemen dan psikologi berbeda ... hanya bagian tertentu saja dari psikologi yang menjadi domain di manajemen, sementara manajemen adalah multidisipliner. wasalam